Inovasi Pendidikan

10.19 Unknown 0 Comments

Inovasi Pendidikan

     Pendidikan sebagai proses perolehan pengalaman belajar berguna bagi peserta didik, dengan harapan peserta didik mampu mengembangkan potensi yang dimiliki, sehingga dapat digunakan untuk memecahkan problema kehidupan yang dihadapinya. PP nomor 19 tahun 2005 Pasal 13 dinyatakan bahwa kurikulum untk tingkat pendidikan dasar dan menengah atau bentuk lain yang sederajat dapat memasukkan pendidikan kecakapan hidup perlu memasukkan pendidikan kecakapan hidup, meliputi :kecakapan personal (pribadi), kecakapan sosial, kecakapan akademik, dan kecakapan vokasional.
   Secara umum pendidikan kecakapan hidup bertujuan memfungsikan pendidikan sesuai fitrahnya,yaitu mengembangkan potensi peserta didik dalam menghadapi perannya mendatang, Pendidikan kecakapan hidup menurut jenisnya dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu kecakapan hidup generik (generic life skill/GLS)  dan kecakapan hidup spesifik (specific life skill/SLS).
       Inovasi Pendidikan di Negara Maju kini juga mengarah kepada pengembangan kecakapan hidup. Model pembelajaran terpadu (integreted learning) dan pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) merupakan model pembelajaran yang mengarah pada pengembangan kecakapan hidup (Blanchard, Unversity of Washington, 2001).Model pendidikan realistic (realistic education) yang kini sedang dikembangkan, juga merupakan upaya mengatur pendidikan sesuai dengan kebutuhan nyata peserta didik, agar hasilnya dapat diterapkan dengan memecahkan dan mengatasi problema hidup yang dihadapi (Effendi, M, 2009:162).
      Demikian halnya dengan sistem pembelajaran yang dikembangkan oleh Rumah Belajar Weka Naila yang menitikberatkan pada kebutuhan peserta didik demi kemajuan dan kesuksesan peserta didik untuk memecahkan masalah yang dihadapi di masa mendatang. Oleh karena itu, tentor diharap tidak hanya menjadi guru atau pengajar namun juga kawan pemberi solusi pada peserta didik.


You Might Also Like

0 komentar: